September 9, 2016 | Posted in Tulisan KetoFastosis | By

Berikut ini akan di jelaskan mengenai apa itu Glycation / Karamelisasi atau pelengketan, tetapi sebelumnya aku jelaskan dulu dalam bentuk analogi buat yang awam. Aku mau tanya jawab yang jujur :

Bentuk lemak itu apa sih Texture nya ???
A.  lembut, Licin        B.  Chew,Elastis           C. KerasBrittle,Cracking

Sekarang klo Protein texturenya apa ???
A.  lembut, Licin       B.  Chew,Elastis           C. KerasBrittle,Cracking

Semua pasti menjawab LEMAK itu Lembut, Licin dan PROTEIN itu Elastis

Lalu klo Gula (Glucose) ???

Sekarang klo Gula (glucose) kalau dipanaskan menjadi apa ???
Jadi lembutkah atau jadi karamel sudah pasti gula klo dipanaskan akan menjadi karamel dan saat dingin akan menjadi keras, contohnya kembang Gula, permen menjadi lengket dan menempel membentuk kristal. Permen keras kan dan digigit akan “CRACK”. OK berarti dari jawaban di atas sudah terlihat hukum dasar FISIKA Texture dari LEMAK vs PROTEIN vs Gulukosa dan semua sudah paham dari analogi sederhana di atas.

Lalu didalam tubuh efex “Texturizing” dari ke 3 unsur tadi sudah jelas bahwa POTEIN selalu menjadi “Building Block” semua SEL ditubuh manusia karena butuh “Elastisitas” dan tidak mudah pecah/sobek jadi protein menjadi bagian utama sel-sel di dalam tubuh karena protein membentuk sebuah struktur. Lalu fungsi LEMAK jika dilihat dari sisi “Texture” akan selalu menjadi pelicin / pelembut (soft) itulah kenapa SEL apapun di dalam tubuh manusia selalu terdiri dari PROTEIN (Nucleus, Cytoplasm) dan LEMAK di permukaan sel (Membran Sel) Karena PROTEIN membentuk Struktur Sel tersebut dan LEMAK membuatnya Soft Flexible tidak mudah rusak saat berbenturan makanya contoh di bawah kulit kita adalah LEMAK, karena berfungsi juga sebagai bantalan / peredam agar lentur.

Lalu apa yang terjadi saat LEMAK / PROTEIN yang tadinya memiliki texture seperti itu kok tiba-tiba jadi BURUK di dalam tubuh contoh menjadi “PLAK” di arteri (Artherosclerosis) kenapa lemak yang texturenya soft bisa “HARDENING” kenapa Arteri strukturnya dari protein bisa “STIFFENING” kok lucu ya secara hukun FISIKA texturenya LEMAK dan PROTEIN tidak STIFF/HARD/BRITTLE/CRACK kok sekarang bisa seperti itu ya dan menjadi PATOLOGIS dari sebuah penyakit.

Apa yang membuatnya jadi mengeras ?????????

Jawabannya adalah sudah pasti GLUCOSE (Gula)

Tubuh kita itu tidak boleh ada HARDENING di dalamnya kecuali Tulang (mineral) semua harus Flexible karena bila ada yang mengeras sifatnya akan “CLOGGING” alias MENYUMBAT atau “STIFFENING” alias KAKU. Itulah efek GLYCATION terhadap Kolestrol (LEMAK) dan Urin Acid (Asam Urat) semua yang ada kata ACID akan menjadi KRISTAL bisa mengalami GLYCATION (Karamelisasi) contoh “URIC ACID” (Asam Urat) dan “Bile Acid” (Batu Empedu) mengkristal dan beku.

Glycation ini adalah proses di mana “GLUCOSE” dalam versi “FRUCTOSE” atau “GALACTOSE” membentuk “Covalent bond” (Ikatan) dengan PROTEIN atau LEMAK. Glycation ini adalah efek pelengketan Glucosa tanpa reaksi Enzym kalau dengan reaksi enzym itu disebut “Glycosylation” sama seperti saat proses metabolisme “Glucose” didalam sel (mitochondria) untuk dirubah menjadi ENERGI ini tidak masalah karena proses enzymatic ini diatur oleh tubuh, tapi kalau Glucosa yang menempel tanpa adanya proses enzymatic seperti contoh pada karamelisasi di makanan contoh saat KENTANG (KARBOHIDRAT) digoreng maka Glucose yng terkandung di dalamnya akan membentuk “Browning Reaction” ini yang menyebabkan kentang jadi “CRUNCHY” dan Lebih Manis saat di goreng dibandingkan dimakan mentah.

Browning reaction ini disebut “Maillard Reaction” sangat penting bagi CHEF (ahli masak) karena akan membentuk Texture hasil Baking / Frying yang memberi efek Cruncy itu sebabnya kenapa cookies Tinggi Gula karena butuh proses Hardening pada strukturnya agar Cruncy.

Nah kita lihat GULA DARAH ditubuh manusia saat mengalami SPIKE pada gula darahnya maka akan segera memicu INSULIN untuk menekan GULA berlebihan kedalam SEL di tubuh agar di simpan / di pakai, bentuk penyimpanannya disebut GLYCOGEN tapi GLYCOGEN ini berlebihan maka akan di convert menjadi Triglyceride (Lemak) di LIVER lalu di kirim ke jaringan penyimpanan (Adipose Tissue) yaitu dalam bentuk Adipocyte (sel Lemak) namun jika akhirnya terjadi INSULIN RESISTANT dimana insulin tidak lagi membuat sel-sel tubuh bisa menerima/menggunakan Ekses GLUKOSA yang masuk dan malah membiarkan SPIKE dari keseimbangan GLUCOSA didarah terganggu maka akan MENEMPEL lah ekses glucosa ini di sel-sel tubuh Tanpa proses ENZYMATIC seperti saat insulin bisa menekan glukosa masuk kedalam sel jadi penempelan ini disebut GLYCATION. Sedangkan proses saat belum terjadi insulin resistant maka glukosa yang masuk kedalam sel itu terkontrol oleh enzym sehingga sisebut Glycosylation.

Apa yang terjadi saat GLYCATION ini mengimbas sel-sel ditubuh, terjadilah MALFUNCTIONING terhadap molekul atau sel yang terimbas / terkaramelisasi dan saat terjadi karamelisasi ini molekul/sel ditubuh akan melepas produk-produk tinggi oksidasi seperti H2O2 (Hydrogen Peroxide). H2O2 ini adalah ROS alis Reactive Oxygen Species dan kita sebut RADIKAL BEBAS.

ROS ini jika bertemu dengan molekul lain sifatnya adalah meng oksidasi sehingga molekul lain juga menjadi REAKTIF contohnya GLYCATION ini terhadap sel-sel syaraf dan sel-sel otak terhadap protein seperti lensa mata dan kornea. GLYCATION terhadap DNA disemua sel yang dapat menyebabkan kerusakan DNA terhadap retina mata. GLYCATION  terhadap BETA CELL yaitu sel yang memproduksi INSULIN di pankreas yang berujung pada kerusakan dan produksi INSULIN menjadi lemah / berkurang. GLYCATION terhadap COLLAGEN di dinding ARTERI yang menyebabkan STIFFENING dan memicu naiknya tekanan darah (HYPERTENSI) dan jika GLYCATION terjadi di otak maka akan menggangu aliran darah ke otak (micro / macro aneurism) dan menyebabkan STROKE.

WOW … lihat efek GLYCATION semua mengalami pelengketan ini akan manjadi BURUK.

Masih cinta dengan KARBOHIDRAT penyumbang GLOKOSA terbanyak sudah saat nya kita kembali ke pola makan yang sebenarnya manusia butuhkan.

Paling mudah melihat INSULIN RESISTENT itu dari HbA1C itu adalah early glycation (pelengketan awal) yang mudah di cek di lab manapun karena baru terlihat pada sel darah merah dan melihat pelengketan terhadap hemoglobin tapi “Life span / Life Cycle” dari Hemoglobin hanya 120 hari setelah Recycle maka akan terlihat rendah HbA1C nya tapi itu yang paling mudah dilihat dalam ukuran medis untuk mengukur / menetapkan status Prediabetes / Diabetes.

Setalah terjawab semua pertanyaan di atas apakah yang salah itu LEMAK ????

Karena analogi nya sangat mudah dan pasti MENAKUTKAN saat MENGERTI karena kita jadi sadar apa efek “Hardening”(pengerasan, “Stiffening”(peng kaku an), “Glycating”(pelengketan) dari molekul C6H1206 ini yaitu GLUKOSA.

Jadi semua masalah ini berasal dari 1 sumber adalah akibat dari GLUKOSA

Pencarian Keto Fastosis:

glycation adalah,penyebab gula menjadi kristal karamel dlm tubuh,karamelisasi,karnonhidrat dan gula penyebab kolestrol dan asam urat,apa itu glycation,cara meluruhkan glycation,betulkah gula dalam tubuhnisa membentuk caramel gula,proses karbohidrat jadi gula karamel,apa itu karamelisasi,pengkaramelan gula dalam tubuh,

Comments

comments

Be the first to comment.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*